Festival Budaya di Manggarai Timur NTT, Utamakan Wisata Budaya dan Religi

Paroki ST Hubertus Sok, Kevikepan Borong, Keuskupan Ruteng dikabarkan telah menggelar festival budaya dan pameran ekonomi kreatif di mana tampak dipadukan dengan prosesi Arca Bunda Maria, berlangsung di Pantai Ligota, 5 hingga 6 Juli 2022. Destinasi wisata dapat menjadi salah satu hal penting dalam mencari kesenangan, apalagi ketika anda bermain slot. Permainan slot yang seru dapat dimainkan agar tercapainya kesenangan dalam diri anda. Segera mainkan dan dapatkan keberuntungannya!

Festival tersebut menampilkan atraksi khas adat Manggarai Timur layaknya seperti Sanda, Mbata, Main Mangka, musik tradisional seperti Tinding, Gambus, juga sejumlah tarian kreasi di mana berasal dari umat setempat.

Atraksi Tarian Caci Khas Masyarakat Manggarai

Pelaksanaan festival budaya ini adalah penerapan bermula ditetapkannya tahun 2022 sebagai Pastoral Pariwisata Holistis oleh Keuskupan Ruteng dengan cara mengusung tema seperti Berpartisipasi, Berbudaya, Berkelanjutan.

Panitia festival Pantai Ligota, dari Desa Compang Ndejing, yakni Agustinus Harum berdasarkan laporannya mengatakan bahwa, pariwisata holistis mencakupi beragam macam aspek kesejahteraan masyarakat dan terintegrasi secara kebutuhan ciptaan Tuhan.

Konsep ini kemudian diwujudkan langsung oleh Paroki Sok melalui sebuah aksi nyata dengan cara melibatkan partisipasi umat atau warga, berkolaborasi bersama aksi dari para tokoh pemerintah, tokoh agama, serta tokoh masyarakat secara mengedepankan pariwisata budaya maupun religi

“Bangun pariwisata tidak cukup hanya destinasinya saja tepat juga manusi serta budayanya” kata Harum

Festival dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Manggarai Timur yakni Bonifasius Hasudungan. Ia menjelaskan bahwa, tempat ini yang kedepannya akan menjadi lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Maka sebab itu, peluang ini mesti ditangkap oleh warga dengan cara memaksimalkan potensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan ekonominya.

NTT Perlu Tarik Wisman Kembali Lewat Wisata Budaya

Festival Budaya diawali melalui perayaan ekaristi kudus layaknya berupa misa Inkulturasi dalam bahasa Manggarai. Destinasi wisata dapat menjadi salah satu hal penting dalam mencari kesenangan, apalagi ketika anda bermain slot. Permainan slot yang seru dapat dimainkan agar tercapainya kesenangan dalam diri anda. Segera mainkan dan dapatkan keberuntungannya!

Selain dengan atraksi budaya, para penjual dari warga setempat memiliki menu pangan lokal yakni pisang, sorghum, jagung, umbi-umbian, jantung pisang di mana telah dikelola menjadi kerupuk dan makanan ringan.

Seluruh rangkaian dari Festival Budaya dan Pameran Ekraf ditutup dengan kegiatan Misa Inkulturasi yang dipimpin langsung oleh Vikaris Keuskupan Borong, Romo Simon Nama, pada Selasa, 6 Juli 2022 pada pukul 16.00 Wita.

Leave a Comment

Your email address will not be published.